Thursday, April 10, 2008

save our planet!!!

td gw baca blognya m'wawan...ttg penggunaan kertas bekas...gw setuju bgt tuh...sayang tuh kertas bekas dibuang-buang...berapa pohon tuh yg musti ditebang buat bikin kertas...tindakan konservasi itu hrs dimulai dr yg kecil2 kayak gitu...d bgr, SD Regina Pacis itu klo gak salah tiap hr kamis anak2 hrs bawa air minum dr rumah, diharapkan anak2 gak jajan minuman d luar terutaman minuman dlm kemasan yg notabene kemasan minuman itu bakal dibuang n bakal nambah sampah, kalaupun dipake ulang (reuse), kemasan minuman spt botol air mineral, klo gak salah bagusnya gak boleh dipake buat tempat minum lg... mungkin bs buat yg lain lg...kreatif2 qt ajalah.... gw pernah liat tv, lupa acara apaan..d Inggris (gw lupa pastinya dmn) org gak pake kantong plastik klo belanja, tiap org bawa tas belanja dr rmh...jd gak ada sampah kantong plastik belanjaan...trs d sebuah SD di....gw lupa jg (liat ti tv), kantin sekolah itu pake bungkus makanannya dr daun, gak pake plastik...jd gak nambah2 sampah plastik yg susah terurai...sementara klo daun kan sampah organik...bisa dibuat kompos...trs kita pake lg deh buat mupuk tanaman....

balik lg k soal kertas bekas td...gw gak setuju bgt ma kebiasaan bbrp tmn kantor gw yg gampang bgt buang2 kertas...salah print dikit aja, tuh kertas langsung diremas2...trs dibuang... padahal kan di bagian belakangnya itu msh bs dipake... gw jd inget dl waktu kuliah gw jarang bgt beli kertas, buat catetan kuliah gw pake kertas2 bekas...kertas itu bnr2 gw buang stlh bener2 gak bs dipake lg (gw ini konservasionis apa ngirit ya? :-))...lbh bagus lg kalo trs didaur ulang...kertas daur ulang itu harganya mahal loh....bisa tuh jd bisnis.... dosen gw dl B'Badriah bisnis kertas n pernak-pernik dr bahan daur ulang...lumayan loh hasilnya...

gw inget dosen gw B'Harini yg ngajar "Pendidikan Konservasi & Interpretasi Lingkungan" concern bgt ma lingkungan...bliau slalu bawa air minum sndiri dr rumah, gak pernah pake tisue, katanya lbh baik pake sapu tangan aja. dl sih gw emg slalu bawa saputangan...hemat jg sih...klo tisue kan klo kotor lgsung dibuang, klo saputangan mah tinggal dcuci aja...skrg gw lbh byk pake tisue...suka lupa bawa saputangan, padahal koleksi saputangan gw lumayan jg...beliau gak masalahin klo qt bikin laporan pake kertas bekas...katanya malah bagus...katanya "toh yg sy nilai isi laporan kalian kok, bukan kertas laporan kalian.." bener2 konservasionis sejati tuh si ibu...salut dah bu...

waktu itu gw nonton Oprah Show d Metro TV, ngebahas jg ttg gerakan konservasi...qt gak perlu smp demo ttg lingkungan k DPR, walaupun kadang hal itu perlu jg (soalnya blm tentu jg ditanggapin ma dewan yg terhormat itu :-D)...mungkin qt bs bertindak mulai dr hal2 sederhana dl..lingkup yg kecil dl...mulai dr diri qt dl...(spt kt Aa Gym) yg bs qt lakuin mungkin adalah hal2 itu td....pake kertas bekas...minimalkan sampah, kurangi penebangan pohon,...lbh baik pake saputangan, jgn tisue...gunakan air sehemat mungkin, jgn biarkan air kran ngocor gitu aja pas qt sikat gigi misalnya...dmn2 udah byk krisis air bersih...tanam pohon di sekitar rumah...gw punya usul gmn klo tiap kelahiran 1 anak, hrs nanam minimal 1 pohon, jd pohon itu penenda kelahiran anak, si anak dididik buat ngerawat tuh pohon...tp mungkin org pasti kendalanya gak punya lahan buat ditanamin...klo usul gw...gmn klo lahan2 kosong (terutama pinggir2 jalan, itu boleh ditanami oleh siapa aja, oleh org yg gak punya lahan td, jd bgitu dia punya anak, langsung deh nanem pohon d pinggir jalan, kan skalian jd pohon peneduh...jg lahan2 kosong yg gak jelas itu...mending ditanami aja...kan lama2 bs jd ruang terbuka hijau tuh...bisa nambah2 pabrik pasokan oksigen tuh...mungkin yg lain punya usul lain...hal2 kecil yg kalo dilakuin bs bermanfaat besar...

prinsip replace-reuse-recycle bs diterapin d kehidupan qt sehari-hari...
save our planet bro...sis...!!!

No comments: